teks

Minggu, 18 Desember 2011

Dunia adalah jalan dan akhirat adalah tujuannya
Prestasi itu bukan sesuatu yang besar saja, tapi prestasi itu adalah sesuatu yang membanggakan yang pernah kita lakukan
Berani jujur itu hebat

teori cinta

A Triangular Theori of Love

Cinta adalah sesuatu keindahan yang dicipakan oleh Sang Pencipta kepada makhluknya. Pada dasarnya setiap makhlukNya memang diciptakan untuk berpasang-pasangan, laki-laki beerpasangan dengan perempuan, langit berpasangan dengan bumi, api berpasangan dengan air dan sebagainya.
Dalam teori triangle of love, ada 3 komponen:
1. Komponen intimacy
yaitu mengacu pada perasaan akan kedekatan hati seseorang (closeness), keterkaitan (connectedness), dan keterikatan (boundedness) dalam hubungan cinta (Sternberg & Grajek, 1984). Komponen intimacy terhadap seseorang yang dicintai antara lain:
Ø  Keinginan untuk menghadirkan kesejahteraan baginya
Ø  Saling menghargai
Ø  Saling memahami
Ø  Dapat untuk diajak bertukar pikiran
Ø  Mampu memberi dukungan secara emosional
Ø  Memiliki komunikasi yang akrab
2. Komponen passion
Komponen ini mengajarkan pada keromantisan, ketertarikan fisik, pemenuhan kebutuhan biologis, dan fenomena terkait dalam menjalin hubungan cinta.
3. Komponen commitment
Dalam jangka pendek hal ini berarti keputusan untuk mencintai seseorang dan dalam jangka panjang berarti komitmen untuk saling menjaga cinta masing-2 pasangan.



properti
komponen
intimacy
passion
commitment
stabilitas
cukup tinggi
rendah
cukup tinggi
kontrol kesadaran
cukup
rendah
tinggi
tipe kepentingan hubungan jangka pendek
cukup
tinggi
rendah
tipe kepentingan hubungan jangka panjang
tinggi
cukup
tinggi
keharmonisan dalam menjalin hubungan cinta
tinggi
rendah
cukup
keterlibatan psiko-fisiologi
cukup
tinggi
rendah
Kelemahan terhadap conscious awareness
cukup rendah
tinggi
cukup tinggi

Jenis-jenis cinta
v  Nonlove
Yaitu hubungan yang tidak memiliki/ tidak didasari ketiga komponen cinta yaitu intimacy, passion, decision/commitment.
v  Liking
Yaitu perasaan dan hubungan yang didasarkan pada rasa persahabatan. Seseorang merasakan adanya kedekatan, keterikatan, dan kehangatan terhadap yang lain tanpa adanya tujuan untuk saling mencintai dan memikirkan hubungan lebih lanjut ke jenjang perkawinan melainkan sekedar “rasa suka”.
v  Infatuated love
Yaitu perasaan cinta, rasa kekaguman terhadap seseorang pada pandangan pertama. Cinta ini biasanya muncul hanya sekejap tanpa dilandasi komitmen atau keputusan juga tidak adanya keakraban.
v  Empty love
Jenis cinta ini seseorang mencintai yang lain dan memiliki komitmen, akan tetapi tanpa dilandasi komponen intimacy. Cinta ini biasanya terdapat pada hubungan yang membosankan yang telah berjalan beberapa tahun dan keduanya merasa semakin hari tidak tertarik pada fisik maupun ikatan secara emosional.
v  Romantic love
Jenis cinta ini merupakan kombinasi antara komponen intimacy dan passion. Inti dari cinta ini yaitu adanya perasaan cinta yang dibumbui dengan unsur lain yaitu berupa ketertarikan fisik dan adanya kesamaan (similarities) antar keduanya.
v  Fatuous love
Merupakan cinta hasil dari kombinasi passion dan decision/commitment tetapi tanpa dilandasi adanya intimacy. Cinta ini biasanya terjadi sewaktu seseorang menghadiri suatu acara atau bertemu dengan seseorang yang baru dikenal. Setelah itu mereka berdua berkomitmen untuk menjalin hubunan, beberapa minggu kemudian tunangan, dan tidak lebih dari satu bulan memutuskan untuk menikah.
v  Consummate love
Yaitu cinta seseorang yang sepenuhnya/seutuhnya terhadap orang yang dicintainya berlandaskan ketiga komponen cinta (intimacy, passion, dan decision/ commitment)



                       

kuingin kau tau

KUINGIN KAU TAU

Kuingin kau tau
Rembulan bersinar untuk menyinari hatimu dimalam hari
Kuingin kau tau
Burung-burung berkicau untuk memberikan keceriaan di setiap pagimu
Kuingin kau tau
Semilir angin akan mendamaikan hatimu disaat kau gundah
Kuingin kau tau
Suara gemiricik air akan memberikan ketenangan disaat kau sedih
Namun
Kuingin kau tau
Aku hadir dalam hidupmu
Berharap bisa menjagamu dikala kau lemah
Berharap bisa menghiburmu dikala kau sedih
Berharap bisa mendukungmu dikala kau kuat
Dan berharap bisa menjadi sandaran dikala kau tidak kuat
Untuk berdiri lagi
Mungkin aku terlalu naif
Tapi satu hal yang pasti
Kuingin kau tau
Tuhan tidak pernah tidur
Tuhan tau apa yang terbaik buat kita
Tidak terkecuali dengan cinta

Selasa, 13 Desember 2011

mengajar


Berbagi Ilmu dengan Anak-anak

     Malam ini, tepatnya hari senin tanggal 12 Desember 2011 pukul 7 malam aku mulai menjalankan tugasku yang baru untuk melakukan pendampingan belajar. Pendampingan belajar itu dilakukan di desa Pohrubuh Condong catur. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) berinisiatif untuk menjalankan pendampingan belajar karena dilatar belakangi kurangnya pendampingan anak-anak dalam belajar. Hal ini, terasa sayang karena melihat dari semangat belajar anak-anak yang cukup tinggi.
     Untuk hari Senin, aku (Hari TIP 2008) dapat jadwal untuk mengajar dan didampingi Ulfa (Psikologi 2009), Abid (Pemuliaan Tanaman 2010), dan Qibi (UNY 2011). Kita berempat mulai jalan menuju rumah Pak RW yang akan digunakan tempat untuk melakukan pendampingan belajar. Untuk hari pertama ini yang datang ada 7 anak, Nita (6 SD), Maryam (6 SD), Putri (6 SD), Aldi (6 SD), Rozaq (6 SD), Frendi (6 SD) dan Ipul (3 SMP). Kelas dibagi 2, untuk anak kelas 6 diampu oleh aku,ulfa dan qibi sedanngkan yang kelas 3 SMP diampu oleh Abid.
     Pelajaran kita mulai dengan bahasa indonesia. Anak-anak kita suruh untuk membuat pantun bebas dan membacanya didepan. Anak-anak mulai membacakan pantunnya satu persatu. Walaupun awalnya mereka masih sedikit malu-malu tapi akhirnya mereka berani membaca semua. Ternyata, pantun mereka bagus-bagus lho dan kebanyakan isinya tentang semanagat belajar (Jempol untuk kalian semua dek J ).
     Setelah itu, kita melanjutkan dengan pelajaran IPA. Berhubung, anak-anak tidak membawa buku IPA maka kita memutuskan untuk mengadakan games pengetahuan. Kita suruh mereka nebak dengan katga kunci yang ita berikan. Misal _  _  _  _  _  _  _  terdiri 7 huruf, organ ini termasuk dari panca indra, fungsinya untuk mendengar, apakah ini ???? Dan anak-anak langsung angkat tangan untuk menebaknya. Wooow kayaknya mereka pada antusias untuk menebaknya. Ckckck.
     Dan terakhir adalah pelajaran matematika. Hmmm kita melatih mereka untuk menghitung gabungan luas bangun.
Misal :

Berapakah luas bangun diatas???
Setelah selesai mengerjakan, mereka langsung satu persatu. Pertama, aldi maju. Kemudian Nita juga ingin maju karena jawabannya beda dengan Aldi. Dan Rozaq juga ikut maju karena jawabannya berbeda dengan Nita dan Aldi. Tepuk tangan untuk semangat mereka.
     Pelajaran yang saya petik dari pendampinga belajar ini adalah sebenarnya potensi anak Indonesia tidak kalah dengan anaka bangsa lainnya. Semangat, keceriaan, dan antusias mereka dalam belajar perlu kita dampingi agar mereka bisa mewujudkan cita-cita yang mereka inginkan.
     Kalian jangan takut untuk bermimpi tinggi, karena orang seperti kita ini apabila takut untuk bermimpi tinggi maka nantinya akan mati terinjak-injak oleh keadaaan. Tapi jangan lupa untuk mempersiapkan jalan untuk menjemput mimpimu itu. Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpimu (Sang Pemimpi).

Siang-siang ada hujan badai
Badainya dicampur dengan halilintar
Kalau anda ingin pandai
Maka rajin-rajinlah untuk belajar